Tuesday, August 22, 2017

Matoa; Buah Unik Khas Papua

سم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum, Sahabat.

Masih setia dengan tema buah dan sayuran, kali ini saya ingin membahas sedikit tentang buah unik yang berasal dari Papua. Mengapa saya katakan unik? Sebab setelah mencicipinya saya jadi bingung mengenai rasa asli dari buah ini. Ada wangi durian yang agak tajam, rasa leci sekaligus rasa rambutan, dan daging buahnya persis seperti buah kelengkeng.

Buah Matoa

Namanya Matoa, atau yang memiliki nama latin Pometia Pinnata, memang lebih banyak ditemui di Papua, pulau yang letaknya di bagian paling timur Indonesia, dibandingkan daerah lain. Namun bukan berarti pohon Matoa tak bisa dijumpai di daerah luar Papua. Di daerah-daerah lain di indonesia yang memiliki curah hujan agak tinggi seperti Maluku, Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa juga dapat ditumbuhi pohon matoa.

Di Jogja sendiri saya beberapa kali menemukan pohon buah unik khas Papua ini. Untuk wilayah Sumatera utara, Matoa dikenal dengan nama Pakam, di daerah Minangkabau dikenal sebagai Langsek Anggang, di wilayah Jawa Barat dikenal dengan sebutan Leungsir, dan di Pulau Jawa disebut Kayu Sapi.

Matoa merupakan tanaman asli Indonesia yang cocok sekali untuk dijadikan tanaman penghijauan. Tumbuhan Matoa sangat direkomendasikan karena dapat tumbuh di segala medan, memiliki akar serta pangkal batang yang kuat, serta juga memiliki ketahanan terhadap segala jenis serangga.



Pohon dari buah matoa tergolong besar dan berdaun lebat. Tingginya rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Pohon ini biasanya berbuah hanya sekali dalam satu tahun, diawali dengan mulai berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah selama 4 bulan yaitu pada bulan November sampai Februari.


Buah Matoa berbentuk bulat agak lonjong seperti buah pinang, berkulit keras dan daging buahnya manis. Buah mudanya berwarna hijau kekuningan dan jika telah matang akan berwarna merah atau coklat kehitaman. Matoa matang memiliki citarasa manis layaknya perpaduan antara leci, rambutan, kelengkeng dan wangi durian.

Papua sendiri memiliki dua jenis Matoa, yaitu Matoa Papeda dan Matoa Kelapa. Hal yang membedakan kedua jenis ini adalah tekstur buahnya, Matoa Papeda memiliki tekstur buah yang berdaging lebih lengket dan lembek sedangkan Matoa Kelapa buahnya kenyal dan padat seperti rambutan aceh.

Selain memiliki rasa yang nikmat, buah Matoa pun memiliki khasiat yang cukup banyak. Di antaranya kaya akan kandungan vitamin C dalam buah sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan berfungsi meningkatkan antioksidan, dapat menangkal radikal bebas yang menyerang system kekebalan tubuh dan dapat mencegah kanker. Selain itu, Matoa juga mengandung vitamin E yang berguna untuk meringankan stress, meningkatkan kesuburan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meminimalkan resiko terserang penyakit kanker serta penyakit jantung koroner.


Efek negatif buah ini jika dimakan berlebihan dapat menyebabkan mabuk dan pusing. Hmm, mirip durian dan rambutan, bukan?  Hal ini disebabkan kandungan glukosa jenuh dalam buah Matoa cukup tinggi, sehingga konsumsi Matoa dalam jumlah banyak dapat menyebabkan pusing dan mabuk.


Nah itulah sekilas tentang buah matoa; buah unik khas Papua yang kaya rasa dan banyak mengandung vitamin yang berguna bagi tubuh. Bagaimana Sahabat, penasaran ingin mencoba rasanya? Jangan khawatir, buah Matoa telah tersedia di supermarket lho. Terutama untuk di bulan-bulan masa panennya, yaitu antara bulan November hingga Februari.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day22


Baca juga:






1 comment:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete