Wednesday, August 9, 2017

AIR AJAIB DARI PESISIR


بسم الله الرحمن الرحيم



Assalamualaikum, Sahabat.

Sudah sejak lama air kelapa dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Terlindung di balik tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minuman steril yang bebas dari segala bentuk kontaminasi. Air ajaib ini terbentuk secara alami dalam buah kelapa sehingga lebih sehat dikonsumsi dibanding minuman lain yang dibuat oleh industri, dan tentunya dapat menjadi alternatif minuman yang menyehatkan tubuh.

Air Ajaib Dari Pesisir


Air kelapa diminati semua orang karena manfaatnya yang besar, terlebih lagi air kelapa hijau. Selain mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit, air kelapa juga memiliki kalori yang sangat rendah, juga rendah natrium, dan mengandung kalium yang lebih tinggi daripada minuman olahraga, bahkan disebut-sebut lebih tinggi dibandingkan empat buah pisang.


Apa saja manfaat air kelapa? Berikut ini saya ambil dari berbagai sumber.

1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk beberapa penyakit yang berhubungan dengan gangguan pencernaan seperti diare, cacingan, konstipasi, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal. Hal ini disebabkan karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, vitamin (vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat, serta sedikit vitamin C), mineral (kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng) dan asam lemak. Selain itu Kandungan enzim (enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya) yang ada dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

2. Membantu Kerja Sistem Imun

Kandungan asam laurat air kelapa hijau berperan membunuh virus dan bakteri, sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk mencegah penyakit, sehingga membantu tubuh dalam menjaga sistem imun (kekebalan tubuh), seperti untuk membunuh cacing berbahaya dan candida di dalam tubuh.
Selain itu air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, membantu untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, penyakit gusi, dan beberapa masalah lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa dapat menjadi minuman yang sangat baik dan bergizi untuk pasien jantung dan diabetes, serta membantu dalam upaya penurunan berat badan jika mengalami berat badan berlebih, hal itu karena air kelapa memiliki kandungan gula alami yang tidak berlebihan. Para peneliti percaya bahwa manfaat air kelapa untuk kesehatan jantung mungkin karena kandungan kalium, kalsium, dan magnesium di dalam air kelapa. Selain itu, semua elektrolit membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

4. Mengatasi dan Mencegah Infeksi

Minum air kelapa bisa mematikan bakteri penyebab infeksi ragi yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika wanita mengalami masalah infeksi pada vagina, disarankan sering-sering minum air kelapa. Buah dan air kelapa muda juga mampu untuk menyembuhkan infeksi urine.
Beberapa alergi kulit terjadi disebabkan adanya virus, bakteri, atau jamur. Air kelapa hijau punya sifat untuk mengurai virus, bakteri, dan jamur. Alhasil rajin mengkonsumsi air kelapa hijau membantu untuk menyembuhkan alergi pada kulit.

5. Menjaga Kestabilan Berat Badan

Tidak seperti minuman lain yang tinggi kadar gula dan kalori, minum air kelapa tidak akan membuat seseorang khawatir kelebihan berat badan. Bahkan sebagian orang menyarankan agar rajin mengonsumsi air kelapa, untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, memang jika berlebihan meminum air kelapa akan membuat timbulnya diare, kalau itu terus berlanjut maka wajar saja kehilangan berat badan.

6. Menghilangkan Dehidrasi dan Menambah Energi

Kandungan lain di dalam air kelapa hijau adalah potassium, yang bermanfaat untuk menjaga tekanan air di dalam sel dan darah, sehingga tubuh dapat terhindar dari masalah kekurangan cairan. Air kelapa hijau sangat mudah diserap tubuh sehingga menjadikan air kelapa hijau secara efektif dapat menghilangkan dehidrasi di dalam tubuh. Namun demikin untuk olahragawan berat yang aktif dan penderita diare, minum air kelapa saja belum cukup untuk mengembalikan cairan yang hilang. Kandungan vitamin yang terdapat pada air kelapa hijau pun mampu menambah energi tubuh saat menjalani aktifitas sehari-hari.

7. Menetralisir racun dalam tubuh

Air kelapa dianggap sebagai detoksifikasi yang termasuk paling sehat bagi tubuh sebab memiliki kandungan tanin dan antidotum (anti racun) sangat tinggi sehingga mampu menetralisir dan mengurai racun di dalam tubuh. Sudah lama masyarakat memercayai bahwa air kelapa hijau sangat efektif diandalkan untuk membuang racun yang terdapat di dalam tubuh.

8. Mengobati penyakit migran

Minum air kelapa merupakan salah satu cara yang alami dan aman untuk memperoleh nutrisi penting seperti magnesium yang mencukupi bagi tubuh, dan mampu mencegah dan menurunkan rasa sakit kepala maupun migrain.


Masih banyak manfaat-manfaat yang diklaim beberapa pakar dari buah ajaib dari pesisir ini, di antaranya dapat mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol, membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, kencing nanah, penyakit gusi, membunuh virus yang menyebabkan influenza, mengatasi jenis penyakit menular dan tifus.

Jika benar begitu, memang sungguh ajaib khas pantai ini. Saya sendiri baru bisa membuktikan manfaat nomor 6 dan 7. Bagaimana dengan sahabat?

Meskipun banyak manfaat bukan berarti tidak memiliki resiko, setiap yang dikonsumsi jika berlebihan pasti akan memberi efek negatif pada tubuh. Karena itu konsumsilah secukupnya, innahu laa yuhibbul musrifin, sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day9


1 comment:

  1. Aisyah juga suka air kelapa, masya Allah ternyata manfaatnya banyak ya..

    ReplyDelete