Saturday, August 19, 2017

Buah-Buahan Ini Sering Dikira Sayur Lho

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum

Tomat itu sayur atau buah ya?
Ketika mendengar pertanyaan seperti ini saya suka bingung. Gimana nggak, mau jawab buah tapi sering dijadikan campuran masakan sayur, dijual di pasar pun bersisian di antara sayur mayur. Apalagi terong, biasa 'kan disebut buah terong, tapi kok dimasak jadi sayur? Aih, mungkin sebagian sahabat menganggap yang seperti itu nggak usah dibahas, nggak penting. Iya juga sih, tapi saya tetep penasaran nih. Hahah.


Memang jika dilihat dari sudut pandang kuliner, antara buah dan sayur jelas berbeda. Hanya saja kita terbiasa tidak terlalu ambil pusing, yang penting bisa dimakan dan banyak manfaatnya, sehingga terkadang asal menyebut sayur padahal bukan termasuk golongan sayur-sayuran.

Nah, supaya tidak terjadi salah persepsi apa yang kita makan itu termasuk buah atau sayuran, apalagi buat emak-emak yang punya anak kritis, daripada bingung dengan jawabannya, baiknya saya ulas disini. Tentang beberapa makanan sering kita anggap sayuran disebabkan sifatnya sebagai bagian bahan masakan, namun ternyata adalah termasuk golongan buah-buahan.


Apa saja itu, yuk disimak:

1. Tomat


Tentu saja tanaman ini termasuk buah. Biasa dengar orang-orang menyebut "buah tomat" kan? Nah itu. Memang sih tetap saja kita terkadang masih bingung dan bersikeras menggolongkan tomat ke bagian sayuran. Mungkin karena tomat selalu disandingkan bersama sayur-sayuran di pasar, bukannya di toko buah. Tomat selain dikonsumsi secara mentah, biasanya dijadikan bumbu pelengkap menu masakan favorit di dapur. Apalagi bagi penyuka sambal, nggak ada tomat nggak nikmat.


2. Mentimun

Tanaman yang satu ini juga sering disalah artikan sebagai sayuran. Padahal ia termasuk golongan buah-buahan, coba deh rasakan kesegaran daging buahnya. Etapi mentimun juga disejajarkan dengan sayuran lho di pasar, yowes, berarti tempat penjualan bukan standar penggolongan terhadap buah dan sayur ya. Tanaman mentimun merupakan produk dari tanaman ovarium/putik bunga dan mempunyai banyak biji.


3. Kapri/Kacang Polong


Awalnya saya juga menganggap kacang polong masuk dalam kategori sayuran. Padahal, kacang polong sebenarnya adalah buah, karena tanaman ini berbasis bunga dan tumbuh menjadi kacang polong. Karena itu, kacang polong masuk kategori buah yang sering kali dinikmati dalam bentuk sudah terkupas dari kulitnya atau sebagai jenis kacang-kacangan yang sering diolah menjadi menu masakan favorit keluarga.


4. Terong

Tanaman ini sering kali dianggap sebagai sayuran. Pasalnya, terong selalunya diolah menjadi makanan dalam bentuk masakan sayur yang lezat. Padahal, terong ini sebenarnya adalah buah dan masih tergolong dalam keluarga berry. Waah... berry raksasa dong. Hal ini terbukti dari biji kecil dan lembut yang ada dalam terong dan tekstur dagingnya yang cukup tebal.


5. Labu

Duh, lagi-lagi saya mengira tanaman ini masuk ke dalam golongan sayur. Ternyata bukan ya? Jadi ingat beberapa waktu lalu membacakan si Abang buku tentang Nabi Yunus yang terdampar di pantai setelah ditelan paus. Lalu oleh Allah ditumbuhkanlah tanaman sejenis labu. Hmm... berarti labu ini memiliki manfaat yang luar biasa. Saat itu saya katakan pada si Abang labu itu sayur, eh ternyata ianya buah. Melihat teksturnya yang mirip dengan kriteria sayuran apalagi disajikan dengan cara dimasak terlebih dahulu, wajar jika kita salah mengira labu adalah jenis sayuran.


6. Zaitun

Secara kasat mata memang terlihat tanaman ini termasuk buah kan ya? Tapi ada juga yang menyangka zaitun termasuk golongan sayuran. Mungkin disebabkan ekstrak buah zaitun berupa minyak ini seringkali dijadikan campuran masakan, entah sebagai minyak untuk menumis atau penyedap pada sajian salad. Memiliki sejuta manfaat, zaitun sangat terkenal dalam dunia kecantikan maupun kesehatan. Tumbuh dari tanaman berbunga dengan aroma yang khas, zaitun digolongkan menjadi tanaman buah.


7. Paprika


Banyak yang mengira paprika ini termasuk jenis sayuran, sebab biasa dijadikan campuran masakan dan salad. Padahal paprika adalah jenis buah yang masih sesuku dengan terong.



Nah, sudah tahu kan buah apa saja yang sering dikira sebagai sayur? Mungkin masih ada beberapa lagi yang belum saya bahas disini. Biar Sahabat sendiri yang cari jawabannya ya, ehem. Sebagai clue dan untuk lebih jelasnya mungkin kita perlu mengetahui apa saja fakta yang menjadi perbedaan antara buah dan sayur ?


1. Perbedaan buah dan sayur terletak pada bijinya. Biasanya buah memiliki biji sedangkan sayur tidak.

2. Meskipun sebagian besar buah mengandung fruktosa/gula buah, namun adakalanya buah tidak selalu terasa manis.

3. Buah berisi ovarium tanaman, benih dan umumnya terdapat bunga, adapun sayuran lebih kepada bagian tanaman yang dapat dimakan, seperti akar atau daunnya.

4. Tumbuhan yang kita konsumsi bisa saja tidak termasuk dalam salah satu golongan buah atau pun sayur. Melainkan memiliki jenis tersendiri, misalnya jamur, kacang tanah dan ubi.



Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sahabat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb



#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day19

No comments:

Post a Comment