Tuesday, August 15, 2017

Buah Yang Mengandung Vitamin C Super Tinggi dan Manfaatnya

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum.

Buah yang mengandung vitamin C paling tinggi apa yah? jeruk? Awalnya saya kira juga jeruk. Ternyata ada banyak buah yang kadar vitamin Cnya lebih tinggi dibanding jeruk lho. Hmm... Konsumsi vitamin C memang sangat penting untuk tubuh kita. Sahabat mau tau buah apa aja yang mengandung vitamin C tinggi dan apa manfaatnya? Berikut daftar buahnya;



1. Jambu Biji (378 mg / 60 gram)

Buah yang mengandung vitamin c  paling tinggi adalah  jambu biji. Rasa yang lebih manis dibanding jambu biasa, bau harum dan daging buahnya berwarna merah, jambu ini biasa kita temui dengan mudah di sepanjang musim Indonesia. Jambu biji ini paling mantap dibuat jus, minum dingin-dingin, segerr.
Selain vitamin C kandungan vitamin di dalam setiap 60 gram jambu biji juga ditemukan 9 gram serat, 4,1 gram protein dan 100 kalori. Jumlah nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi buah jambu secara rutin.
Kandungan vitamin C jambu merah diketahui dapat memelihara sistem kekebalan tubuh, mencegah berbagai jenis infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sebagai zat anti inflamasi sehingga baik untuk mencegah radang tulang.

Senyawa licopen, karoten, vitamin C, vitamin A, polifenol dan quersitin dalam jambu merah sangat baik untuk memperbaiki kesehatan kulit, mencegah masalah penuaan dini dan mencegah pembentukan kerutan pada wajah. Selain itu dapat bertindak sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah antara lain adalah kanker usus, paru-paru, prostat dan payudara.

Kandungan senyawa pengatur insulin dan serat sangat baik untuk mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Jambu biji banyak mengandung natrium dan kalium yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol buruk dan bisa menjadi buah yang sehat untuk diet.


2. Blackcurrant (200mg/68 gram)


Berikutnya buah yang mengandung vitamin C tinggi adalah Blackcurrant. Buah ini banyak ditemukan di kawasan Asia Utara dan beberapa negara di eropa, yang dimanfaatkan sebagai jus maupun campuran minuman herbal. Buah yang mirip seperti anggur berwarna hitam ini tidak hanya menyehatkan namun juga penuh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam setiap 68 gram blackcurrant juga ditemukan sekitar 2 gram protein dan 67 kalori. Konsumsi buah blackcurrant dalam bentuk minyak maupun konsumsi langsung memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Kandungan flavonoid dan zat omega 3 pada blackcurrant bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko serangan jantun dan membantu menurunkan kadar kolesterol, memiliki antioksidan khusus yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi resiko kanker hati, berperan untuk mengatasi masalah penuaan dini dan melindungi kesehatan kulit tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah blackcurrant juga bermanfaat untuk mencegah penyakit, melindungi tubuh dari virus flu dan mencegah radang lambung. Bahkan vitamin C dari buah ini juga sangat baik untuk mendukung produksi sel darah merah dan perlindungan terhadap kesehatan mata.


3. Buah Leci (132 mg/100 gram)

Banyak ditemukan dalam olahan sirup atau jus, buah yang berasal dari China ini memiliki struktur rasa yang manis dan aroma yang sangat segar. Buah ini juga bisa dikonsumsi secara langsung tanpa diolah menjadi sirup. Buah leci sangat baik untuk kesehatan, dalam 68 gramnya bisa ditemukan sekitar 120 kalori, 3 gram serat dan 2 gram protein. Leci menyimpan semua kebutuhan vitamin C untuk tubuh dan berperan dalam menjaga kesehatan.

Leci mengandung polifenol yang menjadi antioksidan bagi tubuh sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas, mencegah infeksi,  mencegah gejala penurunan fungsi kulit seperti efek penuaan dini, mendukung sistem keseimbangan cairan dalam tubuh, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah berbagai jenis penyakit karena infeksi virus seperti flu dan batuk, dan dapat memenuhi asupan vitamin C harian. Kandungan vitamin C, B Kompleks, dan flavonoid dalam buah leci dapat melindungi tubuh dari serangan kanker dan tumor.


4. Pepaya (85mg/100 gram)

Buah yang sangat khas dan banyak ditemui di Indonesia ini tak banyak orang yang mengerti bahwa ianya memiliki kandungan nutrisi yang sangat besar. Dalam 100 gram buah pepaya mengandung sekitar 54 kalori, 3 gram serat dan 0.7 gram protein. Rasa buah pepaya yang manis tidak hanya akan membuat perut kenyang tapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Berikut ini manfaat makan buah pepaya setiap hari.

Pepaya memiliki kandungan serat dan enzim khusus yang bermanfaat untuk mencegah sembelit, mengobati wasir dan membantu proses pencernaan dalam tubuh, dapat membantu  menurunkan kadar kolesterol buruk, mencegah serangan jantung dan stroke, selain itu juga dapat membantu proses penyembuhan infeksi pada bagian usus besar dan lambung.

Vitamin C dalam buah pepaya mampu mencegah semua jenis gejala penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam buah pepaya juga sangat baik untuk memelihara kecantikan kulit.


5. Stroberi (83 mg/ 100 gram)

Buah Stroberi dapat ditemukan dengan mudah dan tumbuh subur di daerah yang memiliki suhu dingin. Cara penanaman stroberi banyak dilakukan dengan media khusus, seperti menanam bunga di pot-pot, sehingga sangat mudah untuk dipetik. Bentuk buah stroberri terlihat sangat cantik, dengan warna pink yang cerah dan struktur rasa manis sedikit asam saat masih segar. Buah ini dapat dikonsumsi sebagai camilan atau diolah menjadi jus.

Dalam 100 gram buah stroberi bisa memiliki kandungan 43 kalori, 3 gram serat dan 0,8 gram protein. Stroberi memiliki zat antosianin yang bisa membantu tubuh dalam melakukan proses metabolisme, pembakaran lemak dan meningkatkan fungsi otak.

Kandungan vitamin C, biotin dan antioksidan dalam buah stroberi bermanfaat untuk mencegah berbagai gejala peradangan, menurunkan resiko serangan jantung, menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut agar terlihat selalu segar, mencegah radikal bebas dan menurunkan resiko kanker. Kandungan potasium, magnesium dan vitamin K dalam stroberi berperan untuk membantu kesehatan tulang.


6. Jeruk Bali (79 mg/ 100 gram)

Semua jeruk Bali yang dijual belum tentu berasal dari Bali. Jeruk yang mudah ditemui pada musim.-musim tertentu ini memiliki bentuk dan ukuran buah yang lebih besar dan terlihat sangat menyegarkan dengan daging buah yang tebal dan rasa manis. Setiap 100 gram buah jeruk bali mengandung 75 kalori, 2 gram serat dan 1,24 protein. Berikut ini manfaat mengkonsumsi  buah jeruk bali.

Buah jeruk bali mengandung vitamin C, vitamin A dan juga B kompleks yang sangat berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah serangan infeksi penyakit. Selain itu terdapat kandungan pektin yang bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri, memperkuat sistem pembuluh darah dan melindungi serangan jantung.

Kandungan licopen, liminoid dan flavonoid berperan untuk mencegah kanker dan berbagai resiko penyakit degeneratif termasuk bioflavonoid dalam buah jeruk bali sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker payudara.


7. Nanas (77 mg/100 gram)

Buah nanas adalah buah dengan struktur bentuk yang menarik, memiliki rasa manis dan aroma yang harum menyegarkan. Nanas mudah ditemui di sepanjang musim karena pertumbuhan buah nanas yang cepat. Nutrisi yang terkandung pada buah nanas antara lain dalam 100 gram buah nanas bisa memiliki kandungan sekitar 3 gram serat, 80 kalori dan 0,7 gram protein.

Kandungan beta karoten dalam buah nanas sangat baik untuk mengurangi rasa sakit pada penderita asma. Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam buah nanas bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit jantung. Vitamin C dalam buah nanas berperan untuk mencegah semua serangan radikal bebas, mengurangi resiko kanker dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kandungan tembaga, seng dan folat yang ditemukan dalam nanas bisa menjaga sistem reproduksi dan meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Nanas mengandung bromelain yang bisa mengurangi memar pada kulit, mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi rasa sakit karena cedera, sehingga nanas sangat baik untuk mengatasi cedera karena olahraga, keseleo dan juga berbagai cedera otot.

Fakta lain tentang nanas bisa dilihat di sini ya.


8. Markisa (72 mg/100 gram)

Pohon markisa dapat tumbuh merambat dan memiliki buah yang sangat banyak. Selain itu pohon markisa dapat tumbuh dengan mudah dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan tampilannya yang menarik dalam 100 gram buah markisa mengandung sekitar 24 serat, 200 kalori dan 5,2 gram protein. Markisa dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau sirup yang menyegarkan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah markisa.

Kandungan vitamin C, criptoxantin dan beta karoten dalam buah markisa sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, mencegah masalah penuaan dini, mencegah kanker dan menurunkan resiko penyakit jantung. Markisa mengandung flavonoid, fenolik dan vitamin A yang sangat baik untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah penyakit kanker paru-paru.


Sahabat, karena masih buanyaak buah yang mengandung vitamin C super tinggi lainnya, yang perlu kita ketahui, maka akan saya posting lanjutannya. Ok, see ya.


Wassalamu'alaikum

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day15




Sources and images; dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment