Friday, August 11, 2017

Makan Buah dan Sayur Ini Dipercaya Membuat Kulit Bayi Putih

بسم الله الرحمن الرحيم

 Assalamu'alaikum

Orangtua mana yang tidak bahagia, saat melihat bayi mereka lahir sehat dan normal. Terlebih jika bayi tersebut berkulit putih dan bersih. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, memiliki putra-putri dengan kulit putih adalah sesuatu yang begitu diharapkan. Tak jarang para bunda melakukan berbagai cara demi tercapainya hal itu. Termasuk mengonsumsi makanan yang diklaim dapat membuat kulit bayi putih ketika masih mengandung.

Image credits Prelo


Meskipun para ahli mengatakan bahwa faktor genetislah yang menjadi penentu warna kulit bayi, namun beberapa kalangan tetap meyakini bahwa warna kulit bayi dapat setingkat lebih cerah atau dengan kata lain bersih berseri disebabkan makanan yang dikonsumsi ibunya.

Dari sekian artikel yang saya baca, rata-rata mengungkapkan bahwa buah, biji dan sayuran berikut ini dapat memutihkan kulit bayi. Hmm... saya tidak tahu benar tidaknya karena belum pernah mencoba.

Ini adalah beberapa makanan yang dipercaya secara turun temurun dapat mempercantik kulit bayi nantinya jika dikonsumsi selama masa kehamilan.

1. Air Kelapa

Seperti yang sudah saya ulas pada postingan sebelumnya, bahwa di Indonesia air kelapa dipercaya dapat membuat kulit bayi bersih putih. Ternyata anggapan ini tidak hanya berkembang di negara kita, dengan sedikit perbedaan seperti di India, bahwa daging kelapa yang sudah cukup tua dan keras lah yang jadi cemilan ibu hamil. Mereka yakin, daging kelapa yang tebal dan berwarna putih tersebut dapat membuat kulit bayi menjadi lebih terang.

Air kelapa mengandung elektrolit tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Minum air kelapa saat hamil sangat dianjurkan, karena dapat menghidrasi tubuh dengan cepat dan membantu menjernihkan air ketuban sehingga kulit bayi dalam kandungan akan lebih bersih.

2. Jeruk

Jeruk adalah satu dari berbagai buah yang kaya akan vitamin C dan  kandungan asam folat sehingga wajib dikonsumsi selama masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan bertumbuh dan berkembangnya janin yang sehat. Diantara manfaat lain yang diyakini ada pada vitamin C dan asam folat tersebut yakni meningkatkan warna kulit dan menjadikannya lebih cerah.

3. Nanas

Di beberapa negara Asia meyakini bahwa meminum jus nanas seminggu sekali dapat menjadikan kulit bayi berwarna putih mulus. Sebaliknya di Indonesia nanas menjadi buah yang tabu dimakan saat hamil sebab katanya dapat menyebabkan keguguran.

4. Biji Fennel atau Adas

Meminum air rendaman biji adas sebanyak 3ml setiap pagi bagi masyarakat India dipercaya dapat meningkatkan warna kulit bayi. Selain itu juga dapat meringankan gejala mual di pagi hari atau dikenal dengan morning sickness.

5. Jus anggur

Telah lama anggur dipercaya berkontribusi untuk menghasilkan kulit yang cerah dan sehat. Ini disebabkan anggur memiliki kandungan alpha hydroxy acids (AHA).

6. Kacang hijau

Mengonsumsi kacang hijau atau minum air rebusannya sangatlah berkhasiat, karena mengandung nutrisi yang bagus untuk mendukung tumbuh kembang janin. Kandungan protein dan asam folat yang tinggi dalam kacang hijau juga sangat bermanfaat dan dipercaya mampu menjernihkan air ketuban dan membuat kulit bayi jadi putih bersih sejak dalam kandungan.

7. Bengkoang

Buah bengkoang memiliki rasa yang manis menyegarkan dan pastinya kaya akan nutrisi penting yang bagus untuk ibu hamil. Buah bengkoang banyak digunakan sebagai campuran bahan kosmetik yang berguna untuk memutihkan kulit. Namun ternyata tidah hanya itu, buah bengkoang juga dipercaya dapat mempengaruhi warna kulit bayi di kandungan jika sering dikonsumsi selama hamil. Hal ini disebabkan kandungan yang dimilikinya yaitu vitamin C, antioksidan dan juga mineral yang ada didalamnya. Selain itu memang bengkoang bermanfaat mendinginkan perut dan mengurangi mual pada ibu hamil.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin dan antioksidan tinggi yang bagus untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan proses detoksifikasi sehingga tubuh lebih sehat dan terbebas dari lemak serta racun. Brokoli dan bayam adalah contoh sayuran hijau dengan manfaat yang tinggi dan mengandung asam folat yng dibutuhkan oleh ibu hamil.

Jika sayuran hijau dikonsumsi selama masa kehamilan, maka bukan hanya ibu yang sehat, namun si calon bayi juga sehat dan dipercaya kulitnya menjadi lebih bersih.


Terlepas dari benar tidaknya anggapan di atas, makanan-makanan ini memang sehat untuk dikonsumsi demi tumbuh kembang sehat si buah hati. Dicoba saja, toh tak ada ruginya, sebab semua buah di atas baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan jabang bayi.

Selain 8 makanan di atas, ada baiknya para ibu lebih memperhatikan asupan air putih untuk menghidrasi dan menjernihkan air ketuban. Jika air ketuban jernih, otomatis kesehatan kulit janin akan lebih terjaga.

Selain itu juga mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3, sebab  secara ilmiah sudah terbukti baik untuk kulit ibu dan bayi.
Ketika hamil, usahakan unuk mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak, misalnya : kulit, daging berlemak, santan dan lain sebagainya.  Ini jika bunda ingin memiliki bayi yang lahir dengan kulit bersih, sebab kebanyakan makan berlemak dapat membuat kulit bayi yang dilahirkan terlihat kotor terutama pada bagian kepala dan dahi.

 Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb


#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day11

2 comments:

  1. Yang air kelapa, dulu enggak rajin. Hihihi.

    ReplyDelete
  2. Wah buah dan sayur.. ^^
    Selain menyehatkan uminya, memutihkan kulit bayinya juga ya..

    ReplyDelete