Wednesday, August 23, 2017

Buah-Buahan Unik Dengan Kombinasi Rasa Yang Juga Unik


بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum, Sahabat.

Sudah baca artikel saya tentang buah matoa belum? Kalau belum sila baca di Matoa; Buah Unik Khas Papua
Ngomong-ngomong tentang buah unik, ternyata bukan hanya buah matoa saja yang memiliki rasa yang unik. Masih banyak buah yang jarang kita lihat, berbentuk aneh dan rasanya pun unik. Biasanya merupakan perpaduan dari dua atau tiga rasa buah.


Nah, kali ini saya ingin menunjukkan beberapa macam buah lagi yang seperti matoa, meskipun sebagian bukan berasal dari Indonesia. Dari banyaknya buah-buah unik itu saya hanya memilih beberapa yang ditengarai merupakan buah asli, alias bukan buah hasil persilangan. Karena menurut sumber beberapa jenis buah baru terbentuk karena hasil persilangan atau rekayasa genetik (hibrida), seperti buah jerpaya, buah jeruk pepaya dan tomtato, tomat kentang yang berasal dari satu pohon.

Penasaran? Berikut beberapa buah unik yang memiliki rasa yang juga unik.

1. Buah Cupuacu

Buah cupuacu merupakan buah unik yang berasal dari daratan Amazon, Peru, dan Brazil. Buah ini juga dijuluki sebagai 'superfruit' karena citarasanya yang istimewa dan manfaatnya yang luar biasa.


Rasa coklat atau nanas? Itulah rasa campuran yang tepat yang dapat dirasakan ketika makan buah cupuacu. Selain dikenal dengan kelezatannya yang menggiurkan dan baunya yang harum, buah ini penuh dengan berbagai kandungan antara lain anti-oksidan, vitamin - B1, B2, B3, A dan C - asam amino dan lemak dan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol dan memperbaiki penampilan kulit dan rambut. Daging buah ini biasanya digunakan sebagai makanan penutup atau untuk produksi permen.

2. Buah Jaboticaba

Buah ini biasa juga disebut juga anggur brasil yang mempunyai bentuk dan rasa seperti anggur. Bedanya, jaboticaba merupakan tanaman tegak, sedangkan anggur berupa tanaman perdu merambat. Di Indonesia, anggur kita jumpai banyak dijual di pasar, sedangkan  jaboticaba saat ini baru bisa ditemui di salah satu perkebunan di daerah Lembang, Bandung dengan harga Rp100 ribu per kilogram.


Buah jaboticaba tumbuh menempel menutupi permukaan batang. Bahkan, pada akarnya yang muncul ke permukaan pun akan disesaki buah. Sekali panen bisa menghasilkan 5-8 kg buah per pohon.

Keunikan buah ini juga terletak pada rasanya yaitu rasa yang berubah-ubah. Ketika buah ini baru dipetik rasanya seperti jambu. Hari kedua rasanya seperti manggis. pada hari ketiga rasanya lychee. Pada hari kelima seperti buah sweetsop. Barulah pada hari keenam sampai hari kedelapan setelah buah dipetik akan terasa seperti buah anggur. Hari kesembilan setelah memetik adalah waktu terbaik untuk memakan buah ini.

3. Buah Monster/Monstera Deliciosa

Buah ini asalnya tumbuh di hutan hujan daerah tropis di Amerika Tengah dan Timur seperti di Meksiko dan Guatemala. Dikenal dengan sebutan salad buah atau ceriman, buah ini dibanderol dengan harga 50 US$ atau setara Rp 620.000 per buahnya. Wow... mahal, men!

Jika dilihat dari bentuk fisik pada buah monster, emang sebetulnya tidak begitu istimewa. Saya pun awalnya mengira ini hanya bunga. Buah monster deliciosa ini sangat jarang ditemui karena membutuhkan waktu paling tidak 1 tahun untuk menunggu tumbuh dan masak. Buah ini memiliki kulit seperti nanas karena bersisik di bagian luarnya. Jika belum matang tidak bisa dikonsumsi sebab dapat menjadi racun bagi tubuh. Kombinasi rasa buah monster ialah seperti campuran pisang dan nanas ini. Buah ini diketahui mengandung vitamin C tinggi.


4. Buah Kiwano/Melon Bertanduk

Berasal dari Gurun Kalahari, buah Kiwano dikenal sebagai buah melano, melon bertanduk, melon jeli, mentimun bertanduk Afrika, dan labu lindung. Adapun di bagian tenggara Amerika Serikat, kiwano disebut blowfish fruit karena bentuknya mirip ikan buntal. Serupa seperti buah melon besarnya hanya saja bulat panjang, tampilan yang menjadi ciri khas buah asal Afrika ini adalah tanduk atau duri yang ada di beberapa bagian kulitnya persis seperti buah naga tetapi lebih besar. Buah kiwano yang sepenuhnya matang ditandai dengan kulit dan tanduknya yang berwarna oranye. Bagian yang enak dari buah ini adalah daging hijau manis di sekitar biji. Jika dipotong maka akan terlihat daging buah yang berair dan segar.


Keunikan rasa dari buah ini adalah rasanya seperti campuran antara jeruk dan mentimun dan ada sedikit jejak rasa pisang. Ada pula yang mengatakan campuran rasanya seperti kombinasi rasa mentimun, kiwi, dan pisang.
Sama seperti kiwi, kiwano juga dapat disajikan sebagai kejutan bagi tetamu dan memberikan tambahan warna-warni yang indah pada salad buah.  Teskturnya lunak dan ringan di mulut, dan bijinya halus putih seperti timun dan aman dimakan. Buah ini selain dapat dimakan begitu saja, bisa juga diolah menjadi jus atau dipotong sebagai hiasan kue dan dessert.

Tumbuhan kiwano masih tergolong keluarga jenis timun, labu, melon dan semangka. Secara nutrisi Kiwano kaya akan serat, vitamin A dan vitamin C. Kandungan nutrisi ini berkhasiat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Buah Baobab


Pohon Baobab lebih dikenal dengan pohon terbalik dan banyak tumbuh di Afrika dan Australia. Buahnya menyerupai kelapa dan memiliki dua kali lebih banyak kalsium seperti susu, anti-oksidan tinggi, kalium, dan memiliki 6 kali vitamin C lebih banyak dari jeruk. Baobab biasanya tidak dijual sebagai buah utuh karena cangkangnya yang keras.


Nah, itulah buah-buahan unik dengan kombinasi rasa yang unik pula. Hmm... nama-namanya pun unik. Kalau Sahabat sudah pernah coba yang mana nih?

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day23


8 comments:

  1. Matoa saya pernah coba,Mbak! terus nyoba nanam bijinya di rumah tapi nggak bisa tumbuh..mungkin bukan daerah yang cocok untuk tumbuhnya,,

    Btw, banyak juga ternyata buah yang bentuk, nama dan rasanya unik yaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.. dan ternyata mengandung nutrisi juga.

      Delete
  2. Baobab buahnya bisa dimakan toh? baru denger soalnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. saya malah sempet mengira baobab nggak ada buahnya

      Delete
  3. Melon Bertanduk kayak sering liat deh, udah diekspor kemana-mana mungkin yak dari negara asalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di indonesia sepertinya yang warna hijau kulitnya ya mba?

      Delete
  4. Saya taunya baru Matoa, yang lainnya masih awam. Ternyata buah-buah sangat banyak jenisnya.

    ReplyDelete
  5. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete