Tuesday, August 29, 2017

Manfaat dan Ide Kreasi Olahan Buah Salak

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum


Manfaat dan Ide Kreasi Olahan Buah Salak. Siapa suka buah salak? Pernah dengar nggak kalau salak itu disebut buah ular?  Eh, bukan makanan ular, tapi itu karena kulitnya yang menyerupai sisik-sisik ular. Sebelumnya saya pernah menyinggung mitos tentang buah salak sedikit di sini. Nah, artikel kali ini ingin membahas lebih jauh tentang buah salak.


Dulu, saat masih kecil ketika saya tinggal di sebuah kota di Kalimantan, salak merupakan salah satu buah yang paling tidak saya inginkan. Rasanya sedikit asam dan sepat. Saya hanya akan memakannya jika telah diolah menjadi manisan, itupun hanya sekedar icip-icip penasaran. Seiring waktu setelah berkenalan dengan salak dari jawa, yang biasa disebut salak pondoh, saya jadi doyan sekali makan salak. Apalagi setelah menetap di bagian utara Jogjakarta,  di mana salak sangat mudah didapat dan dengan harga yang murah, 4 kali lebih murah dari harga di kota kami dulu. Hampir setiap bertemu salak saya tidak melewatkannya.


Mengapa Buah Salak Bermanfaat?

Salak mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan, apalagi jika dimakan bersama dengan kulit arinya.

Salah satunya dapat melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan karena daging buah dan kulit ari salak memiliki  kandungan serat dan tanin yang tinggi. Serat berguna untuk mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh sedangkan tanin berfungsi sebagai antimikroba alami dalam usus.


Manfaat lain dari buah salak adalah;


1. Sebagai Sumber Antioksidan

Menurut berbagai penelitian, salak mengandung antioksidan yang berperan sangat penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh. Misalnya berbagai jenis infeksi pada tubuh, penyakit autoimun, bahkan kanker. Antioksidan juga berperan dalam memelihara kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menjaga berbagai fungsi organ tubuh seperti jantung dan mata.


2. Salak Kaya Kalsium dan Zat Besi

Buah salak mengandung 2 mineral penting yakni kalsium dan zat besi yang baik untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, dapat memperkuat otot dan sendi, mengatur kekentalan darah, serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.


3. Memiliki Kandungan Vitamin C

Tubuh kita memerlukan asupan vitamin C dari makanan dan minuman disebabkan karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri jenis vitamin ini. Fungsi vitamin C ini adalah memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak, memicu produksi kolagen (jenis protein yang menjaga kulit senantiasa lembut, halus dan kenyal) serta agar otot-otot Anda tetap lentur.


Dengan manfaat yang sebaik itu, sayang kan kalau ada yang nggak mau atau nggak suka makan buah salak? Hmm, yasud jika memang tidak doyan salak, Sahabat bisa mengolahnya menjadi cemilan yang nikmat lho. Siapa tahu malah jadi ketagihan. Di antara kreasi olahan salak adalah seperti berikut ini;



1. Manisan Salak

Ini adalah olahan salak yang pertama kali saya coba. Rasanya enak dan manis, ada rasa khas salaknya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat manisan salak adalah buah salak, gula pasir, sedikit garam lalu direndam dalam air matang di wadah dan didiamkan sekitar 1 minggu. Waduh lama banget ya, keburu kepengen dah. Ada cara yang lebih cepat? Ada. Beli jadi. Haha. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda jika bahan-bahan tadi dimasak, bukannya didiamkan selama 7 hari.


2. Asinan Salak.

Bukan cuma hewan laut yang bisa di asinin, buah juga lho. Seperti namanya asinan salak pastilah terasa asin. Jika manisan salak dominan bahan gula maka asinan ini dominan garamnya. Bahan-bahannya sendiri terdiri dari air, kapur sirih, cabe merah yang dihaluskan, 1 sdm cuka makan, sedikit gula pasir dan 1/2 sdm garam.
Untuk menikmatinya, pertama rendam dulu salak tanpa biji dalam larutan gula dan garam selama 1 jam. Setelah itu cuci dan tiriskan airnya .
Selanjutnya rendam lagi salak ke dalam larutan air dan kapur sirih sekitar 1 jam, cuci dan tiriskan lagi. Langkah ketiga masukkan salak ke dalam larutan air yang ditambahkan cuka dan garam dan sebelumnya telah direbus dan didinginkan. Diamkan selama satu hingga dua malam sebelum menikmatinya.


3. Sirup Salak

Ternyata salak bisa diolah menjadi minuman juga. Untuk membuatnya sangat mudah, pertama blender dulu buah salaknya. Eit... tanpa kulit dan biji lho ya. Hihi. Lalu peras dan ambil sarinya untuk dimasak bersama air dan gula pasir. Setelah mendidih saring dan simpan dalam botol. Siip.


4. Keripik Salak

Yang namanya keripik selalu menarik. Keripik salak merupakan salah satu produk olahan makanan ringan yang menggunakan buah salak sebagai bahan dasar utama dan satu-satunya.
Jika Sahabat tertarik untuk membuat keripik salak cukup dengan membekukan irisan salak dalam freezer sebelum menggorengnya, agar tidak lembek dan lebih padat saat dimasukkan dalam penggorengan.


5. Dodol Salak

Ternyata buah salak pun bisa dijadikan dodol. Waah, siapa pencetusnya ya? Dodol salak biasanya dijadikan oleh-oleh atau buah tangan dari bepergian. Proses pembuatan dodol salak ini ternyata juga cukup sederhana. Tertarik membuatnya?  Cukup dengan buah salak yang direbus dan dilumatkan dicampur gula, asam sitrat dan vanili lalu dimasak dengan terus diaduk hingga mengental dan taraa... jadilah dodol.


6. Puding Salak

Buat anak-anak yang suka puding boleh nih dicoba resepnya. Puding salak tentu akan menjadi cemilan yang menyegarkan dengan rasa puding yang lezat.


7. Kopi Biji Salak

Bisa dibilang ini kopi antimainstream, pasalnya bukan terbuat dari biji kopi. Sebagian warga Tapanuli Selatan terbiasa menggunakan biji salak dalam membuat kopi tradisional, kopi yang terbuat dari biji salak ini bahkan di daulat menjadi kopi khas Tapanuli Selatan.

Dengan aromanya yang khas dan tidak seperti kopi biasa, kopi biji salak ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit hipertensi hingga asam urat. Jika Sahabat ingin mendapatkannya,  sudah tersedia di supermarket, biasanya dibandrol dengan harga 50 ribu perbungkus, jadi tak payah bersusah-susah bikin.


Nah, Sahabat, itulah sedikit info tentang salak, buah dengan kulit bersisik yang sarat akan manfaat. Semoga bermanfaat, jangan lupa resepnya dicoba ya.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day29

Source: dari berbagai sumber
Image: pixabay.com dan carawanita.com

3 comments:

  1. Aiih.. pengen yang kopi biji salak. Ditempatku belum ada yang jual

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete