Thursday, August 24, 2017

8 Ide-ide Kreatif Olahan Sayur

بسم الله الرحمن الرحيم



Assalamu'alaikum...

Apa yang ada di benak Sahabat mendengar kata 'sayur'? Pastinya berhubungan dengan teman makan dan lauk. Jauh sebelum ilmu gizi berkembang orang-orang sudah mengonsumsi sayur untuk kebutuhan dan kesehatan tubuh. Seiring perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan semakin membuka fakta bahwa sayur memang memiliki manfaat luar biasa, yang secara garis besar merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan manusia.




Ada banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh. Meskipun demikian ternyata tidak semua orang selalu suka sayur. Ada yang memang tidak suka dengan rasanya ada pula yang disebabkan bosan memakannya. 

Baca juga Manfaat Buah dan Sayur Sesuai Warna

Jika Sahabat adalah salah satunya mungkin bisa mencoba ide-ide luar biasa berikut ini dalam mengolah sayur sehingga tetap bisa memanfaatkan kebaikan sayur. Mungkin olahan semacam sup sayur, burger sayur, salad, omelet sayur dan lain-lain sudah sering kita jumpai, nah kalau yang ini ide olahan sayur anti mainstream. Oiya, ini cuma ide saja, jika Sahabat ingin tahu cara membuatnya dengan step by step bisa googling mawon ;)

1. Keripik Sayur

Bukan hanya bayam dan tempe, aneka olahan sayur lainnya yang dikreasikan menjadi keripik sayur sangat populer saat ini, selain menyehatkan rasanya pun lezat. Dengan mengolah sayur menjadi keripik sayur yang enak, gurih dan aneka warna tentu akan digandrungi keluarga. 
Keripik sayur bisa dibuat di rumah jika memiliki peralatan seperti salad spinner dan mesin vacuum frying untuk menggoreng keripik. Hanya dengan bahan berupa sayur-sayuran dan bumbu (garam, penyedap, lada bubuk, cabai bubuk dan bawang putih) jadilah keripik yang nikmat. 


2. Es Krim Sayur


Image: detik finance

Siapa yang nggak suka Es krim? Dari anak-anak hingga orang tua menyukai jenis makanan ini. Dingin, lembut, seger dan manis, aih kalau nggak lagi diet pasti tiap hari pengennya jajan es krim kan, hihi sammaa. Nah, gimana kalau bikin es krim sayur? Ah ribet bikinnya, katamu. Yaudah bikin es lilin aja, agak-agak mirip kan?
Untuk membuat es krim sayur yang dibutuhkan adalah bahan baku utama berupa sayur-mayur seperti wortel, labu, sawi, bayam merah, kol ungu dan tomat yang dicampur dengan bahan lain seperti susu, telur dan gula. Gula sebaiknya menggunakan gula low fat, untuk menyukseskan program diet. Hehe.
Bagi yang tidak suka rasa sayuran bisa gunakan trik manipulasi rasa, misalnya untuk sayur-sayuran berwarna hijau dimanipulasi menjadi rasa alpukat, sayuran berwarna ungu menjadi rasa blueberry, sayuran warna orange menjadi rasa jeruk. 

Jika es krim biasa penuh lemak dan gula, es krim berbahan sayur ini mengandung zat besi, vitamin C, vitamin E, dan betakarotin yang tinggi sehingga dapat berfungsi menjaga kesehatan mata, antiinflamasi, antikanker, antioksidan, dan lainnya.

3. Kue Sayur

Waah... bagaimana ya rasanya kue-kue kering berbahan sayur, pasti rasanya sudah jauh berbeda dari bahannya sendiri. Selain bayam, daun singkong, tempe, jamur pun bisa diolah menjadi kue kering. Maaf, saya belum bisa kasih resepnya, sila telusuri google jika ingin info lebih lanjut.😊

Baca juga Makan Buah dan Sayur Ini Dipercaya Dapat Membuat Kulit Bayi Putih

4. Es Cendol Sayur

Ayo, yang doyan atau yang pandai bikin es cendol mari berkreasi tunjukkan bakat kulinermu. Bisa menggunakan labu, hmm... es cendol labu mungkin seperti kolak labu ya. Atau es cendol mentimun, wortel, dan bagaimana jika es cendol terbuat dari sayur-sayur daun hijau? Menarik pastinya.

5. Nugget Sayur

Kalau ini kreasi temen saya, gara-gara anaknya candu banget sama nugget akhirnya dia bikin sendiri berbahan sayuran. Rasanya jelas enaak, alih-alih mengeluarkan aroma sayur, nuggetnya dia malah nggak jauh beda rasanya dari nugget instan supermaket

6. Brownies dan Cake Sayur


Image: Brownty Bakery

Pernah coba brownies sayur? Bukannya susah move on dari brownies cokelat, tapi memang saya belum pernah menemukan brownies yang merupakan produk inovasi olahan sayur. Tentunya olahan tersebut tetap menggunakan tepung. Ah ya, kalau cake, saya bersama teman pernah mencoba bikin cake berbahan dasar singkong, duluuu. Hasilnya, banyak yang nggak mengira kalau kami menggunakan singkong. Sekarang sudah lupa caranya, hadewwh.

7. Bakso Sayur

Semua doyan bakso. Bola daging itu bisa diganti dengan bola sayur lho, apalagi bagi penganut vegetarian, boleh dicoba nih. 
Untuk membuat bakso vegetarian yang bergizi bisa dari beberapa jenis sayur, seperti terong yang ditumis dulu lalu dicampur bumbu-bumbu dan dibentuk bulatan-bulatan kecil, untuk selanjutnya dipanggang. Selain terong bisa juga menggunakan bayam, jamur, brokoli dan sebagainya. Bakso sayuran dapat disajikan dengan saus lezat bersama pasta ataupun dengan kuah yang gurih.

8.  Dodol Sayur


Image: Toko Mesin Maksindo

Waah, saya jadi kepingin tahu niih, bagaimana cara mengolahnya yaa. Tapi sudah ada yang memproduksi dodol sayur dan menjualnya lho. Hmm..kreatif sekali. 


Nah... itulah 8 ide-ide kreatif olahan sayur. Memang semakin kesini semakin banyak orang kreatif yang pintar berkreasi membuat penganan berbahan dasar sayur. Kalau sahabat ingin mengembangkan usaha bisa juga mencoba salah satu dari 8 ide di atas. 

Selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day24

Baca juga:
Tips Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tak Cepat Busuk


2 comments:

  1. Kalau nugget, cookies, es krim, keripik udah familiar. Lainnya belom pernah nyoba. Nice info :)

    ReplyDelete
  2. Es krim belum pernah coba kak, penasaran~

    ReplyDelete