Wednesday, August 30, 2017

Kreasi Unik Penyajian Buah Yang Menggugah Selera


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum... Sahabat. Sudah makan buah hari ini? Kalau belum, baca artikel ini dulu ya.

Kreasi Unik Penyajian Buah Yang Menggugah Selera.
Pernah dengar istilah fruit carving? Yup, seni mengukir atau memahat buah menjadi berbagai bentuk dari yang sederhana hingga rumit. Kreatifitas orang terkadang bikin speechless, kan. Bukan lagi mengukir kayu atau media yang keras dan padat tapi yang diukir itu adalah buah.

Fruit Carving; whataboutwatermelon.com

Kalau melihat contoh-contoh fruit carving di youtube memang sungguh sangat mengesankan, tapi saya yakin jika dihadapkan di depan saya, tidak akan tega saya menyentuhnya apalagi memakannya. Fruit carving dibuat pertama kali oleh seorang dekorator bernama Nang Nopamas pada bulan Desember 1364 di Thailand. Ia membuat dekorasi lampu perahu berbentuk rangkaian bunga Lili yang terdiri dari buah dan sayur pada festival royal yang rutin dilakukan saat bulan purnama setiap tahun. Jadi fruit carving ini merupakan seni tradisional yang  membutuhkan keahlian, kreativitas dan seni tinggi.

Di Indonesia, fruit carving semakin eksis dan berkembang. Telah banyak hotel dan restoran mengadopsi seni fruit carving sebagai hiasan di tengah-tengah meja atau sebagai dekorasi tampilan makanan pada acara-acara sosial, perusahaan, serta perayaan pernikahan secara lokal. Bahkan terdapat komunitas pengukir buah, seperti Indonesian Fruit Carving (IFC) yang merupakan komunitas seni ukir buah yang menyediakan ruang belajar yang sangat representatif bagi pemula untuk mengetahui lebih banyak tentang Fruit Carving.

Adapun buah yang digunakan untuk membuat fruit carving adalah buah yang memiliki tekstur lunak. Seperti buah semangka, melon, dan pepaya yang merupakan jenis media buah untuk pemula. Bagi tingkat expert (berpengalaman) biasanya menggunakan buah seperti stroberi, telo, apel, labu, mangga, pisang, tomat, jeruk, kiwi, dan  nanas untuk nantinya dijadikan karakter jenis burung, angsa, naga, dan sebagainya yang lebih rumit. Bisa juga menambahkan beberapa jenis bunga dan sayuran seperti brokoli, lobak dan wortel untuk melengkapinya agar hasilnya lebih mempesona. Sedangkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk mengukir buah adalah cutter, pisau bergerigi, atau memakai alat khusus seperti pisau ukir yang memiliki banyak variasi bentuk dan talenan. Untuk menyatukan bagian-bagian terpisah sehingga menghasillkan bentuk yang unik dapat menggunakan tusuk gigi.

Yah, itulah sekelumit tentang fruit carving. Adapun inti dari seni mengukir buah ini adalah untuk menghias dan menghidangkan buah dengan cara yang indah dan menarik perhatian pada sebuah acara. Tapi saya tidak tahu apa tujuan selanjutnya. Apakah hanya untuk dilihat-lihat dan lalu diabadikan melalui kamera? Atau akan berakhir di perut pengunjung? Kalau menurut saya buah itu harus dimakan, tapi apakah tega memakannya? Padahal membuatnya susah dan butuh keahlian. Lagipula  rasanya sayang jika harus merusak bentuk kreasi unik nan indah itu.

Kalau Sahabat ingin melihat-lihat lebih banyak contoh fruit carving sila search di google atau youtube, ada banyak kreasi unik dan indah yang bikin speechless.
Selanjutnya dan sebenarnya yang ingin saya bahas kali ini adalah versi termudah dari kreasi menghidangkan buah di meja makan. Tujuannya selain membuat tampilan yang indah dan menarik tentu saja agar kita terbetik untuk menikmati buahnya. Sebut saja istilahnya fruit plating, yakni seni dalam menghidangkan buah agar terlihat indah dan menarik.

Id.pinterest.com

Meski mengandung banyak nutrisi, manfaat dan terlihat menyegarkan, ternyata masih banyak orang yang susah makan buah. Apalagi anak-anak yang biasanya sangat pemilih dalam makanan. Bahkan terkadang sudah diolah pun mereka tetap ogah. Padahal memakan buah asli lebih baik untuk anak-anak demi kesehatan pencernaannya, (untuk lebih jelasnya baca di sini, ya). Oleh karena itulah dibutuhkan kreativitas yang dapat menggugah selera, salah satunya dengan cara penyajian yang dibuat seunik dan sekreatif mungkin. Oh ya, fruit plating ini juga dapat diaplikasikan ketika sedang memiliki tamu atau akan mengadakan acara di rumah.

Ini dia contoh-contohnya:

Wadah buah dari semangka yang unik dan kreatif bukan?



Yakin nggak takut sama landak ini?



Kura-kura bertelur banyak sekali ya.



Lucu, kan? Kreatif dan unik. Ada banyak mitos dan fakta tentang buah pisang lho di sini.


Bunganya indah, mana kupu-kupunya?



Ikan rasa buah, mau?



Ada yang kenal dengan bapak ini?😁



Memang tidak serumit fruit carving namun semuanya indah dan menarik bukan? Baiklah, semoga artikel ini bermanfaat, memacu kita untuk terus mencari dan menggagas ide kreatif.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day30


Source and images: berbagai sumber

Mau masak daging? Jangan lupa manfaatkan buah ini untuk membuatnya empuk dan lunak.

2 comments:

  1. Wah unik dan cantik ya..
    pingin juga bisa nata buah macam tu, biar si boy demen sama buah apalagi sayur ogah dia

    ReplyDelete
  2. Menarik banget,
    ada efek sampingnya gak ya?
    thank

    ReplyDelete