Friday, August 18, 2017

Buah dan Sayur Untuk Menyambut Buah Hati

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum

Salah satu tujuan pernikahan adalah memiliki keturunan. Setiap pasangan akan berusaha dengan sungguh-sungguh dan menempuh berbagai cara demi hadirnya sang buah hati. Tak ada salahnya jika sebelum semua usaha itu dilakukan agar memulai mengonsumsi makanan sehat berupa buah dan sayur untuk mendongkrak tingkat kesuburan.




Kesehatan tubuh bergantung pada apa yang kita makan. Karenanya penting untuk memilih dan memilah makanan seperti apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dalam hal ini bagi pasangan suami istri sebaiknya mulai memilih makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Selain kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya buah-buahan segar dan sayur-sayuran kaya antioksidan dan fitokimia yang membantu membuang racun yang dapat mengganggu pembuahan dan menghilangkan radikal bebas.

Radikal bebas yang telah menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan, termasuk gangguan pada hormon reproduksi. Oleh karena itu nutrisi pada buah dan sayur memainkan peranan besar untuk mendapatkan tubuh dan sistim reproduksi yang baik. Pemenuhan akan gizi ini juga akan mencegah terjadinya cacat pada calon bayi.

Selama masa program kehamilan sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat, zat besi, serat, dan antioksidan. Makanlah berbagai jenis buah yang berwarna cerah sebanyak mungkin. Semakin kuat warnanya, semakin lebih banyak kandungan nutrisi pada buah atau sayuran tersebut. Buah dan sayur tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh tetapi juga sel telur dalam saluran reproduksi,  selain itu dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah terjadinya penuaan pada sel.


Berikut beberapa pilihan sayur dan buah yang dapat dikonsumsi sebagai langkah awal mendapatkan buah hati yang sehat, insyaAllah:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan kandungan antioksidan, zat besi dan asam folat, contohnya bayam, kangkung, brokoli, buncis  dan lain-lain yang telah terbukti dapat meningkatkan kualitas ovulasi pada perempuan. Termasuk juga daun katuk yang  sangat baik untuk dikonsumsi, tidak hanya sebagai pelancar ASI, daun katuk dipenuhi senyawa fitokimia berkhasiat obat dan merangsang sentesis hormon. Jika dikonsumsi laki-laki, senyawa aktif daun katuk akan merangsang pembentukan hormone keperkasaan yang akan menekan vitalitas seksual dan meningkatkan kualitas sperma.

Seledri/daun sop merupakan sayuran pelengkap berbagai masakan yang berkhasiat tonik, menurunkan tekanan darah, memacu enzim pencernaan, peluruh haid, membersihkan darah, menghentikan pendarahan, dan menurunkan asam urat.  Seledri berperan dapat memperbaiki fungsi hormonal yang terganggu, seperti nyeri haid, haid tidak teratur, atau haid terlalu banyak. Setiap 100 gram daun seledri segar terkandung 130IU vitamin A dan 15 mg vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan cukup kuat. Serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur dapat dihambat oleh kedua vitamin ini.

Daun kemangi
Daya tahan hidup sperma penting untuk mendukung proses pembuahan sel telur. Oleh karenanya dianjurkan mengonsumsi makanan pendukung semisal kemangi, sayuran yang dapat dimakan segar sebagai lalapan. Tanaman beraroma wangi ini mengandung Arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah.

2. Wortel

Beta Karoten merupakan kandungan yang dimiliki wortel sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Beta Karoten juga dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi.

3. Semangka

Sepotong semangka (1/8 bagian) mengasup 15-20 mg likopen yang didukung dengan vitamin C dan beta karoten sehingga dapat melawan berbagai jenis kanker. Sebuah riset menyebutkan bahwa konsumsi likopen yang cukup pada pria dapat membantu menurunkan resiko kanker prostat. Semangka juga memiliki kandungan senyawa pembangkit gairah, yaitu sitrulin yang setara dengan viagra. Senyawa kelompok asam amino ini dapat memicu produksi nitrit oksida, yang berperan dalam peningkatan kemampuan seksual pria.

4. Jambu Biji Merah


Seperti halnya tomat dan semangka, hampir semua jenis buah berwarna merah memiliki kandungan likopen. Meski tampak berwarna kekuningan pada bagian luar buah jambu biji lokal merah, namun bagian daging buahnya sangat merah. Likopen dalam jambu biji merah bersifat antioksidan dan dapat memberikan kesuburan bagi sistem reproduksi pria. Oleh karena itu, mengkonsumsi jus jambu biji merah secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

5. Tauge/Kecambah

 Tauge adalah sumber vitamin E yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Tauge baik untuk kesuburan karena pada saat kacang-kacangan berkecambah terjadi hidrolisis karbohidrat, protein dan lemak menjadi senyawa yang lebih sederhana, sehingga mudah dicerna. Selama proses itu pula terjadi peningkatan jumlah protein dan vitamin, sedangkan kadar lemaknya mengalami penurunan.

6. Buah Berry

Berry mengandung karbohidrat, vitamin C, kalium, folat, serat dan air. Kesemuanya dibutuhkan untuk memenuhi asupan gizi sang bunda demi persiapan kehadiran calon bayi.

7. Pisang

Pisang kaya vitamin B6, mineral dan serat dan pektin, juga sarat dengan kalium. Buah ini dapat mengurangi rasa kembung dan baik untuk pertumbuhan bakteri sehat. Jika tubuh sehat insyaAllah kandungan nantinya sehat pula.


Nah, Sahabat, selain yang sudah saya sebutkan di atas masih banyak lagi jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menambah kesuburan bagi pasangan calon orangtua. Misalnya dari jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber serat, seng, folat, kalsium dam zat besi yang baik untuk kesehatan.  Selain itu kandungan protein nabati dari kacang-kacangan lebih baik daripada protein hewani.

Olive oil, pixabay

Bisa juga dengan rajin mengonsumsi minyak zaitun yang kaya akan Omega-3 dan diyakini memiliki efek yang sangat besar pada peningkatan kesuburan. Studi menunjukkan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur, sehingga menjadi bagian penting dari diet kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk hamil. Selain itu minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tips tambahan;

-Jika memungkinkan, pilihlah sayuran dan buah organik,  karena selain gizinya lebih baik, juga bebas pestisida yang bisa berdampak buruk bagi kesuburan.

-Minum banyak air bersih, setidaknya 8 gelas perhari  dan kurangi kafein. Air putih sangat penting untuk keseimbangan hormon, edangkan 300 mg kafein menurunkan kesuburan sebesar 27% (American Pregnancy Association).

-Terakhir, jauhi segala jenis buah dan sayur kalengan yang memiliki nilai gizi sangat sedikit dan berlumur bahan pengawet dan pemanis/perisa buatan. Karena yang alami itu sehatnya pasti.

Selamat menanti buah hati.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day18

No comments:

Post a Comment