Monday, August 21, 2017

Buah Murbei; Tumbuhan Sutera Yang Bermanfaat Untuk Kecantikan

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu'alaikum...  Sahabat.

Beberapa waktu lalu, saat jogging pagi di jalan kecil tepi sawah ketemu pohon yang buahnya menarik mata saya. Seumur-umur baru kali ini lihat buah mungil itu, warnanya ada yang merah muda ada pula yang merah tua. Mirip-mirip buah beri gitu, ah jangan-jangan memang masih keluarga dengan beri, tebak saya. Karena penasaran saya petik trus gigit. Rasanya sedikit asam. Penasaran semakin bertambah. Apa nama buah ini? Sampai rumah langsung cek google (ehee).

Buah Murbei, Pixabay

Seperti ini wujudnya (image comot dari pixabay, soalnya pas kejadian nggak bawa kamera).

Ternyata benar masih saudaraan dengan beri. Nama aslinya Morus Indica L, panggilannya Murbei/murbai. Nama aliasnya walot, besaran (Jawa), kerta, kitau (Sumatera), babasaran (Sunda), white mulberry (Inggris).

Awalnya saya pikir ini buah liar a.k.a buah hutan biasa, ternyata menurut beberapa sumber di google menyebutkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan dari buah murbei ini. Tanaman murbei dikenal juga sebagai tumbuhan sutra karena dapat dijadikan tempat hidup ulat sutra. Selain bermanfaat dalam memproduksi sutra, secara empiris masyarakat telah memanfaatkan murbei sebagai obat tradisional untuk flu, malaria, hipertensi, asma, obat hipertensi, palpitasi, iabetes, insomnia, vertigo, anemia, hepatitis dan diabetes melitus (Hariana, 2008).

Selain untuk pengobatan murbei juga dianggap bermanfaat untuk kecantikan. Mau tahu apa aja manfaat tersebut? Berikut saya kutip dari manfaat.co.id.

Masyarakat Cina telah lama memanfaatkan murbei sebagai bahan alam untuk mempercantik kulit mereka. Pemanfaatan murbei untuk kesehatan kulit didasarkan pada kandungan vitaminnya yang cukup banyak, antioksidan dalam jumlah besar.
Beberapa manfaat yang dapat dinikmati dari buah murbei untuk kulit antara lain:
*Bintik hitam pada wajah dan kulit dapat berkurang
*Buah murbei baik untuk kulit kering karena dapat meningkatkan kelembaban kulit
*Aman bagi kulit sensitif karena tidak menimulkan efek samping jika dioleskan ke kulit
*Kulit dapat lebih bersinar cerah dan lebih sehat karena vitamin dan zat artibun pada buah murbei.

Rambut yang indah, panjang, dan lebat merupakan idaman hampir semua wanita. Manfaat buah murbei juga baik untuk rambut. Berikut beberapa yang bisa diperoleh:
*Jus buah murbei yang diberikan ke rambut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut
*Warna alami rambut akan lebih terjaga
*Uban yang tumbuh lebih awal dapat dihindari karena buah murbei membantu meremajakan rambut.

Efek Samping dibalik Manfaat Buah Murbei
Selain manfaat yang diberikan, sebenarnya buah murbei juga memiliki efek samping jika di konsumsi disaat yang tidak tepat. Jangan mengkonsumsi buah murbei jika sedang mengkonsumsi asupan berkarbohidrat, karena buah murbei menghambat penyerapan karbohidrat.
Selain itu, buah murbei memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal tersebutlah yang dijadikan alasan mengapa banyak produk perawatan kulit yang mulai dicampurkan dengan ekstrak murbei, namun terdapat penelitian yang melihat bahaya di dalam buah murbei.

Penelitian
Hasil penelitian di Prancis menemukan bahwa arbutin dapat menjadi pemicu kanker kulit karena memiliki sifat karsinogenik. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi pemakaian pencerah kulit yang mengandung ekstrak murbei karena kadar arbutin pada kosmetik tentu lebih tinggi dibandingkan pada buah segar murbei itu sendiri.

Credit image; Pixabay

Wah, ternyata banyak juga manfaat buah murbei. Namun jangan mengabaikan efek sampingnya ya. Buah murbei mengadung racun yang dapat memberikan efek buruk pada tubuh Anda jika dikonsumsi dengan berlebihan. Akibatnya, tubuh Anda akan mengalami maag dan berdampak pada kesehatan pencernaan (list.co.id)

Setelah googling tentang murbei saya berharap esoknya bisa bertemu dengan pohon itu lagi. Tapi sayang, saat kesana beberapa hari kemudian pohonnya sudah tak ada, mungkin dipangkas oleh bapak petani. Sekedar info harga buah murbei perkilo sekitar 19.000an (harga bulan Mei), sementara bibit pohon murbei dijual seharga 25.000an.

Semoga bermanfaat,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day21


4 comments:

  1. buahnya cantik..jadi penasaran gimana rasanya

    ReplyDelete
  2. Kebetulan pernah main ke penangkaran ulat sutra di Bogor, emang buah murbei banyak kahsiatnya. Gak hanya buahnya, daun nya jg ya mbk. Saya suka nih rasa teh dari daun murbei :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..saya belum pernah coba teh daun murbei, mirip gak ya rasanya sama teh rosella..

      Delete