Saturday, August 5, 2017

Lakukan Trik Ini Agar Ananda Doyan Buah dan Sayur

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum... Sahabat.

Pada postingan sebelumnya saya telah menguraikan tentang pentingnya asupan buah dan sayur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian gizi seimbang. Karena Indonesia masuk dalam 17 negara yang memiliki masalah gizi pada balita, maka memang seharusnya dilakukan pemantauan yang terukur untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Ini penting mengingat bayi dan balita kita adalah harapan bangsa di masa depan.

Image Credit: melindahospital.com


Jika generasi kurang sehat bagaimana mereka akan membangun bangsa dan negara dengan lebih baik?

Nah, pada postingan kali ini saya ingin mengulas tentang bagaimana cara membujuk ananda agar doyan makan buah dan sayur sebagai bagian dari mencukupi kebutuhan gizi.

Memang cara paling mudah dan alami untuk mencukupi kebutuhan gizi ananda adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk balita dan anak usia sekolah dianjurkan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sejumlah 300-400 gram per orang per hari. Jika kebutuhan itu tidak terpenuhi maka beberapa risiko bisa terjadi pada anak.

Namun sayangnya, masih banyak orangtua yang tidak begitu memperhatikan asupan buah-buahan dan sayuran untuk buah hatinya setiap hari. Padahal, kebutuhan si kecil akan buah dan sayur tak boleh dianggap sepele.

Kekurangan serat dan vitamin dari buah dan sayur bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuhnya. Diantaranya sulit buang air besar atau konstipasi, obesitas, penyakit kulit, penyakit jantung dan beberapa masalah pencernaan lain.

Hal tersebut karena terdapat ragam kandungan vitamin dan mineral di dalam buah-buahan, seperti vitamin A, C, E, zinc, kalsium, kalium, asam folat, magnesium, serat, anti oksidan, cairan dan banyak lagi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mendukung tumbuh kembang ananda.
Jika ananda ogah makan sayur dan buah, bunda tak perlu putus asa. Silahkan dicoba dulu beberapa trik agar ananda doyan buah dan sayur berikut ini:

1. Bunda makan berdiri nanda makan berlari. Anak-anak itu peniru ulung, lebih baik dari orang yang dia tiru. Karena itu berilah contoh langsung dengan makan buah dan sayur setiap hari. Mungkin awalnya nanda masih tetap ogah, tapi lama-kelamaan dia akan terbiasa.

2. Jadikan buah dan sayur sebagai menu yang wajib ada di dapur ya, Bun. Tak perlu banyak, asal cukup, dan tak perlu yang mahal dan langka.

3. Kurangi jajanan ringan, sebaliknya ganti dengan buah. Kalau ada waktu luang bunda dapat berkreasi membuat snack yang menggunakan buah sebagai salah satu bahannya.

4. Beri bacaan dan sesekali tontonan yang menggugah, agar nanda terbit rasa ingin dan suka makan buah dan sayur. Untuk ananda yang sudah bisa diajak berdialog berikan pemahaman tentang pentingnya makan buah dan sayur yang cukup.

4. Bila ananda tak suka buah karena rasanya yang sedikit asam, bunda bisa tambahkan vla atau pun madu  saat disajikan.

5. Ajak ananda membuat makanan yang full terdiri dari buah dan sayur seperti jus, salad, dessert dari buah, dan lain-lain. Biasanya ananda senang dan menghargai hasil olahan yang dilakukan bersama-sama, sehingga akan mudah untuk melahapnya.

6. Berilah pujian ketika ananda mau makan buah dan sayur.

Bagaimana, Bunda? Mudah bukan trik agar ananda doyan buah dan sayurnya. Selamat menikmati buah bersama ananda, sekaligus menikmati sehat dan cerianya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

#ODOP #bloggermuslimahindonesia #day5

Baca juga Manfaat Buah dan Sayur Sesuai Warna

5 comments:

  1. Gimana kalau misalnya orangtuanya nggak suka makan buah? Atau dia pantang buah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, nggak semua buah jadi pantangan.. itulah hikmahnya buah diciptakan beraneka ragam.

      Delete
  2. Kalau adik2 sukanya buah olah kak, dijus atau dibuat es krim gitu..

    ReplyDelete